Dasar Dasar Sistem Komputer

 DASAR-DASAR SISTEM KOMPUTER


A .GERBANG LOGIKA
1.Gerbang logika OR
      
Gerbang OR dapat menerima dua atau lebih input data dengan satu output. operasi logika OR akan menghasilkan potensial output tinggi (high) atau bernilai satu, Jika ada salah satu dari input data yang berpotensial tinggi (high) atau bernilai satu.
2. Gerbang logika AND
     
gGerbang logika AND dapat menerima dua atau lebih nilai input dengan satu output. Nilai output true akan menghasilkan jika kedua nilai input bernilai true.
3. Gerbang Logika NOT 
      
Gerbang logika NOT atau inverter merupakan gerbang yang hanya bisa menerima satu nilai input dan menghasilkan satu output dengan nilai berlawanan dari nilai inputnya.

B. Microkontroler
       Mikrokontroler merupakan miniatur komputer dengan komponen memori, alat pemroses, dan DISK, menyimpan data dengan proses pengolahan datanya.
1. Fungsi Mikrokontroler 
      
 
Mikrokontroler berasal dari gabungan micro dan controller. Mikro mempunyai pengertian ukuran kecil, sedangkan controler merupakan alat yang berfungsi sebagai pengontrol sebuah sistem.
2. Arsitektur ATmega328P
        
ATmega328P Merupakan salah satu mikrokontroler keluaran ATMEL yang mengunakan arsitektur RISC dengan kelebihan aksekusi data lebih baik dibandikngkan dengan arsitektur CISC.
3. Arduino
       
 Arduino merupakan rangkaian elektronika yang berbasis mikrokontroler ATmega328P keluaran ATMEL. jenis yang dipaparkan pada materi ini adalah Arduino uno R3 Yang bersifat open source hardware, yang memungkinkan orang lain mengembangkan sesuai kebutuhan mereka

C. Organisasi Dan Arsitektur Komputer
1. Konsep Organisasi Komputer
         
Organisasi komputer memiliki pengertian sebagai keterkaitan setiap bagian bagian dalam komputer, Baik unit unit operasional yang mendungkung proses Computer maupun proses interkoneksi antarkomponen menyusun sistem komputer dalam menjalankan fungsinya.
2. Arsitektur Komputer
          Arsitektur komputer adalah ilmu yang membahas atribut sistem yang dirancang oleh programmer untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal terhadap kinerja sebuah komputer. Sebagai contoh, Dalam melakukan set intruksi, metode pengalamatan, input output, dan operasi aritmetika. Sebagai sebuah mesin multilevel, Arsitektur komputer dapat di artikan sebagai sebuah komunikasi antar user programmer dan mesin melalui bahasa pemrograman dengan mesin komputer.

D. Perangkat Keras Komputer
          Perangkat keras adalah sama jenis peranti atau perangkat pada komputer yang dapat dilihat secara fisik oleh pengguna.
1. Perangkat keras internal
          Perangkat keras internal adalah perangkat keras yang dipasangkan didalam koneksi internal mainboard. beberapa contoh perangkat keras internal dalam komputer adalah sebagai berikut.
   a, Mainboard          


Mainboard atau papan utama komputer merupakan rangkaian elektronik yang bertugas sebagai penyedia jalur datar disetiap komponen yang terhubung pada komputer, seperti cpu, hardisk, DVD Drive, Port USB, Port VGA, dll..




b, CPU (Central Prossesing Unit) 



CPU biasa disebut processor adalah komponen inti dalam komputer. komponen ini merupakan tempat semua proses pengolahan data akan dikerjakan.







 c, Memori
Memori bertugas untuk menyimpan semua intruksi sebelum dikerjakan dalam CPU dan setiap data yang akan diproses atau dihasilkan oleh CPU, Ada dua jenis memori utama yaitu Sebagai berikut.
1) ROM (Read only memory)
2) RAM (Random Access Memory) 




d, Power Supply
 supply merupakan komponen dalam Powerkomputer yang berfungsi menyupply aliran listrik ke mainboard dan beberapa perangkat keras lainnya yang terpasang pada mainboard.





2. Perangkat keras eksternal
     
Perangkat keras eksternal merupakan perangkat keras yang dipasangkan di luar koneksi internal mainboard.
     a, Machine Readable
             
Machine readable merupakan perangkat eksternal yang berperan sebagai perangkat input atau output yang menghubungkan perangkat lain dengan komputer dan sebaliknya
     b, Human Readable
           
Human readable merupakan perangkat eksternal yang bertugas sebagai interface atau antar muka yang menghubungkan interaksi antara manusia dan komputer.
     c, Communication
           
Communication merupakan perangkat eksternal yang berfungsi sebagai pendukung dalam sistem komunikasi jarak jauh.
     
 Perangkat masukan penunjuk (pointer) 
       
Perangkat masukan penunjuk digunakan untuk menggeser kursor dan memilih objek dalam layar monitor. Contoh perangkat Masukan penunjuk, Antara lain, Mouse, Trackball, Dan touchball
    a) Mouse
Mouse adalah perangkat masukan penunjuk dengan dua tombol di sebelah kiri dan kanan serta scroll bar dibagian tengahnya, yang berfungsi menggerakkan kursor secara vertikal.












b) Trackball


Trackball merupakan perangkat masukan penunjuk bola dibagian atasnya, bola tersebut berada dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerak.














C) Touchpad



Touchpad merupakan perangkat masukan penunjuk berupa permukaan datar yang dapat mendeteksi sentuhan jari pngguna untuk menggerakan kursor pada laptop.









E. Perangkat lunar Komputer
1.Teknologi sistem operasi
        
Sistem operasi atau operating sistem ( OS ) berfungsi menginterupsi dan mengontrol perangkat keras komputer berdasarkan input yang diberikan pengguna. Pada dasarnya, Sistem operasi terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai berikut.
      a, karnel adalah core atau inti os yang bertugas untuk mengelola dan memanajemen hardware
      b, Aplikasi berperan sebagai interface yang menghubungkan interaksi antara manusia dan mesin
2. Master Boot Record (MBR) 
    
     
MBR atau sektor 0 merupakan lokasi media penyimpanan berukuran 512byte yang terdiri atas 3 bagian.
3. Instalasi Windows 10
           Windows 10 dirilis pada tahun 2014 dengan menggembangkan versi terbaiknya, Yaitu win 11 yang dirilis oktober 2021. semakin tinggi versi windows, semakin tinggi pula spesifikasi hardware yang diperlukan 
4. Partisi Hard Disk
        
 
  Hardisk adalah media penyimpanan yang sering digunakan untuk mengorganisasikan dan mengalokasikan data yang harus dapat di akses oleh memori komputer setiap saat.
5. Mengonfigurasi Driver Hardware 
            Agar komputer mengenali hardware yang terpasang, diperlukan aplikasi pengenal atau driver. driver berasal dari istilah bahasa ingris yang berarti pengendali atau pengendala.
6. Software Aplikasi
           
Software atau peranti lunak merupakan kumpulan sub brutin yang ditulis berdasarakan aturan penulisan bahasa pemograman tertentu, agar dapat dimengerti dan mudah di eksekusi oleh processor.

1 komentar: