Dasar Dasar Tik

  DASAR DASAR TIK


A.Mahir Microsoft Word 365 
1. Mengenal Fitur Office 365
      
Microsoft 365 adalah produk layanan pengelolaan dokumen dengan office berbasis cloud computing, yang tidak membutuhkan instalasi pada computer terlebih dahulu.
2. Lisensi Microsoft 365 
      
Microsoft selaku developer dari microsoft 365 menawarkan beberapa paket lisensi berbayar bagi para penguna yang akan mengunakan fitur fitur yang tersedia. microsoft 365 memiliki beberapa pilihan lisensi, yaitu sebagai bentuk:
 a, kategori pelajar dan pengajar
       Untuk kategori pelajar dan pengajar, bisa memperoleh layanan secara gratis dari
microsoft 365 dengan syarat melakukan sign in mengunakan email resmi                       
sekolah yang bersifat sah.
b, kategori Home
        Lisensi ini disediakan oleh microsoft untuk user dengan penggunaan dirumah (home). Ada tiga level lisensi yang dapat dipilih, Yaitu level family, personal, dan level office Home and Student 2021.
c, Kategori Bisnis
         Lisensi ini disediakan untuk user dengan penggunaan di lingkungan bisnis atau kerja, Microsoft 365 kategori bisnis memiliki fitur dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Ada empat level lisensi yang dapat dipilih, Yaitu microsoft 365 Business Basic, Microsoft 365 Business Standar, Microsoft 365 Business Premium, Dan aplikasi Microsoft 365.
3. Bekerja dengan microsoft word 365
         
Tampilan antarmuka microsoft word
             Beberapa kategori menu dalam word antara lain:
a, quick access toolbar
      bagian interface yang memudahkan user dalam mengakses dan mengeksekusi perintah perintah secara umum seperti save, undo, dan perintah repeat.
b, Ribbon
      merupakan deretan tab menu yang terletak paling atas dalam interface word. setiap menu dalam ribbon mengandung banyak tab ( yang kklasifikasikan berdasarkan perintah dan kegunaannya.
c, Perintah grub 
       dalam menu tab ribbon terdapat grup dengan kategori perintah yang berbeda. terkadang, beberapa perintah tidak ditampilkan secara default. anda dapat menyesesuaikannya dengan mengklik tanda panah di sudut kanan bawah.
d, Panel dokumen
        merupakab area jerha tenoat user dapat mengetik dan mengedit teks dalam dokumen.
e, Ruller 
         merupakan tampilan atau view berupa ukuran ( mirip pengaris ) yang terletak dibagian atas disebelah kiri dokumen.
f, Tell me what you want to do
          dapat digunakan untuk mencari sebuah perintah ketika anda lupa nama fitur tersebut.
g, Microsoft account
          berguna untuk mengetahui informasi akun microsoft yang digunakan.
h, Simplified ribbon
           digunakan untuk mengubah mode view ribbon.
i, Scroll Bar
            berfungsi menarik tampilan layar, baik secara vertikal maupun horizontal pada halaman dokumen.
j, Page dan word count
             menampilkan jumlah halaman yang telah digunakan serta menghitung jumlah kata dalam sebuah dokumen.
k, Document views
             Dokumen views memiliki tiga mode untuk menampilkan dokumen, yaitu:
                1. editing view
                        digunakan untuk mode pengeditan dokumen.
                2. Reading view
                        digunakan untuk melakukan mode pembacaan
                3. immersive Reader
                         digunakan untuk menampilkan fungsi pembacaan dokumen dalam bentuk                                         suara atau voice
l, Zoom Control
              digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen.
             
4. Menulis paragraph dengan word
5. Bekerja dengan teks
6. Menambahkan Header dan Footer
        
Fitur header digunakan untuk menambahkan informasi dibagian paling atas dokumen, contohnya kop surat
7. Menambahkan tabel dan gambar kedalam dokumen
        
Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom. data yang disimpan dalam tabel, dapat berupa karakter, gambar, audio, ataupun video

B. Terampil Microsoft Excel 365
         Aplikasi pengolah angka merupakan Software yang dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia dalam bidang penghitungan, pengolahan, dan penampilan informasi dalam bentuk angka, grafik, diagram, dan percetakan              


Penjelasan gambar adalah sebagai berikut.
1. quick access toolbar
     
   quick access toolbar merupakan kumpulan ikon atau tombol shortcut yang sering digunakan dalam excel, seperti new, open, save, save as, print, dan print view
2.  Tittle
        
Tittle Merupakan judul dokumem atau nama file excel.
3. Ribbon
        
Ribbon merupakan deretan tab yang tersusun berdasarkan kategori fitur yang sudah dikelompokkan.
4. Ribbon group
        
Ribbon group adalah kumpulan fitur yang pengelompokkannya berdasarkan grup pekerjaan yang saling terkait, seperti pengaturan font, ukuran font, dan warna font yang terdapat pada tab home.
5. Formula bar
        Pada formula bar, user dapat memasukkan rumus atau formula yang digunakan untuk perhitungan antar-cell. 
6. Cell
        
Cell merupakan pertemuan antara baris dan kolom tertentu sebagai contoh, nama dari cell, yang ditunjukan pada bagan nomor 15 adalah A1
7. Columm
       
column merupakan data yang tersusun atas cell-cell yang terurut secara vertikal (dari atas ke bawah) dengan identitas alfabet seperti A,B,C dan seterusnya.
8. Row 
       
Row atau baris adalah deretan data dalam format cell secara menyamping atau horizontal (dari kanan ke kiri) dengan identitas numerik.
9. Scroll between worksheets
       Scroll between worksheets 
digunakan untuk menggeser worksheets sebelum atau sesudahnya sebanyak satu kali atau langsung pindah ke sheets awal atau sheets akhir.
10. Worksheets
      
Worksheets adalah lembar kerja excel yang secara default dimulai dari sheets1 dann seterusnya
11. Scroll bar
      
Terdapat dua macam scroll bar, yaitu yang bergerak vertikal dan horizontal. scrollbar digunakan untuk membantu user menggeser worksheets dari atas ke bawah atau sebaliknya dan dari kiri ke kanan atau sebaliknya
12. Normal view
      Normal view berguna untuk menampilkan worksheets dalam mode standar yang menampilkan view cell secara tak terbatas.
13. Page layout view
     
Page layout view berfungsi menampilkan worksheets dalam bentuk per halaman berdasarkan pengaturan kertas yang digunakan.
14. Page break view
     
Page break view berguna melihat dan mereviu tampilan worksheet sebelum menambahkan page breaks.
15. Cell name
     
Cell name berfungsi menunjukkan nama cell letak kursor baru
16. Add new sheet
     
add new sheet berguna untuk menambahkan worksheet baru.
17. Microsoft search
     
Microsoft search digunakan untuk mencari keyword tertentu dalam excel.
18. account
  
    account digunakan untuk login ke portal microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar